Efisiensi atau Penghematan

Di jaman sekarang yang lagi mengalami sedikit gangguan ekonomi maka banyak kebijakan-kebijakan yang diambil oleh setiap badan usaha diantaranya dengan mengambil kebijakan efesiensi. Penggunaan sumber daya dengan se-efesien mungkin sehingga tidak menjadi suatu pemborosan.

lilin

Begitu juga dengan berkata-kata dan menulis bisa jadi kena dampak dari kebijakan efesiensi ini. Bahasa sms menjadi di singkat-singkat. Bicara sedikit waktu pakai telepon dengan bahasa yang mudah dimengerti dengan pengucapan yang yang cepat. Mandi jangan boros air, nonton tv sewajarnya, makan juga jangan banyak-banyak (bisa susah jalan).

Mengetik pun bisa dengan menggunakan kata-kata yang di singkat, bisa untuk menghemat spasi dalam kertas dan tinta waktu mencetak. Pemilihan umum penulisannya menjadi pemilu. Pemilihan kepala daerah penulisannya menjadi pilkada dan lain-lain. Tapi untuk nama negara kita jangan sampai di singkat ya… Negara tetangga kita gara-gara suka menyingkat nama negara kita, jadi sasaran kemarahan bangsa kita. Tentunya masih banyak cara untuk melakukan penghematan dalam berbagai hal… ada masukan lain…?! :)

Artikel yang aneh setelah lihat perkembangan kontes Astaga.com lifestyle on the net dan ternyata perjalanannya masih jauh... :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Efesiensi / Intermezo / Penghematan dengan judul Efisiensi atau Penghematan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://interme-zo.blogspot.com/2009/12/efisiensi-atau-penghematan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lost in space - 12.26.2009

14 komentar untuk "Efisiensi atau Penghematan"

  1. tepat sekali sahabat, apapun namanya efisiensikah atau malas nulis panjang2, semuanya akan efektif apabila disesuaikan dengan konteksnya jadi tidak secara sembarang .....

    BalasHapus
  2. efisiensi boleh2 saja asal masih wajar.

    BalasHapus
  3. kalau aku bukan efisiensi tapi memang tidak bisa nulis basa basi yang panjang lebar. hehe...

    BalasHapus
  4. @narti, kalo begitu sama dong :)

    BalasHapus
  5. @sda, ya juga, jangan sampe kertas yang sudah dipakai bolak balik masih dimasukan ke mesin fax... :)

    BalasHapus
  6. kalo ane nulis posting ga bisa efisien; muter-muter kayak kipas angin .. kl ane efisiensi air dah bisa; jarang mandi dan efisiensi ekonomi (potong rambut).. he he..
    ane dukung kontesnya akang .. maju teruus.. :)

    BalasHapus
  7. Menurut saya, ejaan bahasa Indonesia (EYD) masih banyak yang harus diperbharui. Khususnya tentang singkatan yang masuh banyak rancu.
    Masih banyak singkatan yang kemudian disingkat lagi. Jadinya disingkat kuadrat deh... :) Padahal kalo dilihat secara sistematik pasti jelas salah adanya, tapi sudah menjadi salah kaprah (salah tapi dibiasakan salah).
    Semoga menjadi perhatian pemerintah agar negara ini semakin maju dan berkembang.

    BalasHapus
  8. bener bgt...  boleh efisien,, asal wajar...
    klo gag wajar, ntar kita hajar =))

    BalasHapus
  9. kalo efesiensi sms itu penting menghemat waktu & cepat.. :D btw komeng baliknya ditunggu intermezzo ;-)

    BalasHapus
  10. hemat pangkal kaya, jadi comentnya juga singkat hehehehe

    BalasHapus
  11. efesiensi akan tepat jika digunakan ditempat yang tepat pula,,,

    BalasHapus
  12. Efesiensi memang penting maass disaat sulit dan keras seperti sekarang ini ,tapi ada takaran dan wadahnya kalau tidak bisa kebablasan dan dijadikan alasan untuk kepentingan tertentu...benar tidak???

    BalasHapus
  13. Efesiensi memang penting untuk penghhematan,tapi efesienssi juga butuh wadah dan sarana yang tepat,kalau tidak bisa jadi efisienssinya kebablasan dong ....

    BalasHapus